SEJARAH

SEJARAH YAYASAN PENDIDIKAN BATIK

SEJARAH SINGKAT YAYASAN PENDIDIKAN BATIK

Yayasan Pendidikan Batik Surakarta (disingkat YPB) didirikan sejak tahun 1957, dengan berdirinya Jajasan Pendidikan BATARI, pada tanggal 17 Juni 1957. Yayasan ini merupakan hasil penyisihan kekayaan pribadi para pengurus dan beberapa anggotanya yang dialokasikan sebagai modal awal, dengan Akte Notaris R. Soegondo Notodisoerjo, Nomer-27. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yayasan, pada tanggal 1 Agustus 1962 pengurus mendirikan Jajasan Pendidikan Batik (J.P.B.) berdasarkan Akta Nomor 3 tanggal 1 Agustus 1962 yang dibuat oleh Notaris R. Soegondo Notodisoerjo.

Yayasan yang dibentuk ini mengalami beberapa perubahan nama, pada tanggal 12 Mei 1980 yayasan berubah nama sesuai akta nomor: 2 oleh Notaris Hari Poerwanto menjadi Yayasan Pendidikan Batik (Y.P.B.) di Surakarta.

Berkat usaha keras dan semangat yang tiada henti demi kelangsungan perkembangan pendidikan generasi penerus, serta didasari oleh niat yang tulus, maka dimulai pada tanggal 1 Agustus 1957, berdiri Sekolah Menengah Pertama (SMP) Batik, pada tanggal 1 Oktober 1957 berdiri SMA Batik-1. Pada tanggal 6 Mei 1968 pengurus YPB dapat mendirikan SMK Batik 1 Surakarta, kemudian pada pada tanggal 7 Juli 1989 dapat mengembangkan SMK menjadi 2 yaitu SMK Batik 2 Surakarta, kemudian pada tanggal 2 Mei 1990 pengurus dapat mengembangkan lagi dengan berdirinya SMA Batik 2 sehingga Yayasan Pendidikan Batik memiliki 1 SMP, 2 SMK dan 2 SMA semua bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Batik, untuk mengikuti perkembangan dunia pendidikan maka pengurus yayasan pada tanggal 29 September tahun 2015 mendirikan SMP Batik Surakarta Program Khususย (PK) Surakarta.

Dengan kredo: Guyub-Rukun-Manunggal, pengurus yayasan pada saat ini terus berusaha mengembangkan diri, baik bidang sarana-prasarana maupun tenaga kependidikan (SDM), berbagai usaha dan ikhtiar tanpa mengenal lelah dan pantang menyerah dalam mengembangkan institusi pendidikan ini. Berbagai pembangunan telah dicapai baik secara fisik maupun non fisik yang meliputi, pembangunan terhadap fasilitas pembelajaran dan pembenahan dalam bidang mutu pendidikan yang terus berjalan hingga kini untuk mengikuti perkembangan zaman dengan tetap memegang prinsip-prinsip pendirinya, dengan pilar-pilar pendidikan agama sebagai alasan berdirinya Yayasan ini terus dan tetap dipertahankan.

Perlu juga diketahui, bahwa perkembangan yayasan ini juga tidak lepas dari peranan seluruh elemen baik dari karyawan maupun struktur kependidikan yang turut menyumbangkan tenaga, pikiran dan keuangan mereka demi keberhasilan yayasan ini. Mereka memang tidak tampil di garis depan, namun perjuangan dan dorongan mereka telah mengantarkan tokoh-tokoh utama pendiri yayasan ini mampu mengemban amanat suci di bidang pendidikan ini.

Keberhasilan Yayasan ini telah terbukti dengan berbagai ukiran prestasi sejak lahirnya hingga kini. Mulai dari kualitas lulusan (alumni) Yayasan ini yang kini telah menduduki berbagai posisi penting di negeri ini baik sebagai guru besar di perguruan tinggi, pejabat publik, pemimpin organisasi penting, profesional, pengusaha, ulama dan pendidik hingga prestasi siswa-siswi dan guru-gurunya baik di tingkat kota, propinsi dan nasional. Apresiasi yang besar terhadap keberhasilan Yayasan ini juga ditunjukkan dengan berbagai kunjungan delegasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.